Rabu, 30 Maret 2011

GUBERNUR AAL RESMIKAN GROUP QASIDAH REBANA AKADEMI ANGKATAN LAUT.




Akademi Angkatan Laut,- Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Ade Supandi, SE meresmikan dua group Qasidah Rebana AAL di Gedung Dewakang, AAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu (30/03). Kedua Qasidah Rebana tersebut adalah group Qasidah Rebana Kadet AAL “Reka Paranusa” dan group qasidah rebana  “Jala Kirana Maduswara” yang beranggotakan Anggota Tetap dan Jalasenastri AAL. Reka Paranusa yang beranggotakan 32 Kadet AAL memiliki arti Perwira Harapan Nusantara Samudera sedangkan Jala Kirana Maduswara memiliki arti Samudera yang bercahaya dan bersuara merdu.
            Gubernur AAL Laksda TNI Ade Supandi, SE mengatakan bahwa Qadisah Rebana merupakan perpaduan antara kelompok vocal (Qasidah) yang diiringi oleh alat musik yang disebut rebana yang digunakan sebagai wahana untuk menyampaikan pesan, dakwah atau ajaran tertentu lewat syair syair yang dilantunkan. “Oleh karena itu pesan dan ajaran yang disampaikan harus memiliki muatan edukatif dan moral sehingga pesan yang disampaikan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang menikmati kesenian tersebut”, ujar orang nomor satu di AAL ini.

Kesenian Qasidah Rebana, lanjut laksamana bintang dua ini, merupakan sarana untuk membangun SDM Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada TYME, meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah SAW serta sebuah eksistensi seni budaya Islam yang harus selalu di lestarikan dan dikembangkan. Selain dapat dijadikan sebagai benteng yang ampuh agar dapat menghambat gempuran kesenian dan kebudayaan barat (Western Culture) yang berpotensi merusak moral anak bangsa.

Hal senada disampaikan koordinator penanggung jawab kedua group Qasidah Rebana  Kapten Laut (KH) Mochtar Manjilapalo, S.Ag bahwa group yang sudah dibimbingnya selama 3 bulan ini dibentuk untuk meningkatkan Iman dan Taqwa kepada TYME lewat syiar-syiar atau syair-syair agama dalam bentuk lantunan lagu-lagu.

Acara yang dihadiri Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL, Ny. Ade Supandi, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Gatot Subroto, para pejabat teras AAL serta undangan lainnya dirangkaikan dengan perayaan Hari Ulang Tahun 27 Kadet AAL periode bulan Januari hingga Maret 2011 dengan ditandai pemotongan tumpeng dan kue Ulang Tahun yang dipimpin Ibu Asuh Kadet Ny. Ade Supandi.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...